• Jl. Seloka Indah RT. 002 Desa Mandikapau Barat Kecamatan Karang Intan
  • 085753824832
INFO
  • .: Selamat Datang di Website Desa Mandikapau Barat :.

Berkat Dana Desa, Warga Mandikapau Tak Sulit Menjangkau Kebunnya, Ini yang Dirasakan

15 November 2019 Administrator Berita Lokal Dibaca 39 Kali

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Kalangan petani di Desa Mandikapau Barat, Kecamatan Karangintan, Kabupaten Banjar, kini tak kesulitan lagi menjangkau kebun mereka.

Ini menyusul hampir rampungnya perbaikan jalan usaha tani setempat.

Sebelumnya jalan usaha tani tersebut hanya berupa jalan setapak yang sempit.

Pada musim penghujan juga becek dan menyulitkan petani setempat mengangkut hasil bumi.

"Alhamdulillah sekarang sudah nyaman dilewati karena sudah dicor semen. Meski pengerjaannya belum rampung secara keseluruhan, tapi sudah bisa kami manfaatkan," ucap Udin, warga Mandikapau, Jumat (26/10/2018).

Ia meyakini peningkatan jalan tersebut mampu meningkatkan ekonomi warga.

Soalnya, menjangkau kebun menjadi lebih cepat. Begitu halnya pengangkutan getah karet dan hasil bumi lainnya juga lebih mudah.

Kepala Desa Mandikapau Abdul Basit mengatakan perbaikan jalan usaha tani tersebut menggunakan dana desa.

Sebelumnya telah melalui urun rembug dan semua menyepakati sebagian dana desa digunakan untuk peningkatan jalan usaha tani itu.

Dikatakannya, tahun ini Mandikapau Barat mendapat dana desa sebesar Rp 740 juta. Biaya yang dikeluarkan untuk memperbaiki jalan usaha tani tersebut sebesar Rp 120 juta.

"Dana itu mampu untuk memperbaiki jalan usaha tani sepanjang 500 meter. Pekerjaannya Alhamdulillah lancar dan saat ini realisasinya telah mencapai 99 persen," sebut Basit.

Lumayan banyak petani setempat yang menikmati jalan usaha tani itu yakni 150 orang.

Mereka sebagian besar berkebun karet dan sebagian ada juga yang membudidayakan tanaman buah-buahan dan persawahan

Area lahan pertanian itu terletak di seberang Danau Tamiyang atau di seberang permukiman warga Mandikapau Barat.

Oleh karenanya keberadaan jalan usaha tani itu sangat vital bagi petani setempat karena sekaligus menjadi akses utama menjangkau jalan poros desa.

Basit mengatakan, warga di kampungnya sangat kompak dan selalu bahu-membahu membangun desa. Termasuk pada pekerjaan jalan usaha tani itu, warganya turut bergotong-royong sehingga pengerjaan pengecoran badan jalan menjadi lebih cepat.

"Tentunya manfaat besar dirasakan warga kami di sini. Mereka sangat terbantu oleh jalan usaha tani yang sekarang menjadi nyaman dilewati. Mengangkut panenan hasil pertanian pun makin gampang," tandas Basit.

Ia menyebutkan sebanyak 80 persen dari jumlah total warganya sebanyak 537 KK atau 1.673 jiwa, mengantungkan hidup dari hasil bekebun karet.

Sisanya antara lain ada yang berdagang, bercocok tanam buah-buahan, dan membudidayakan ikan dengan keramba apung. (Banjarmasinpost.co.id/idda royani)

Artikel ini telah tayang di banjarmasinpost.co.id dengan judul Berkat Dana Desa, Warga Mandikapau Tak Sulit Menjangkau Kebunnya, Ini yang Dirasakan, https://banjarmasin.tribunnews.com/2018/10/26/berkat-dana-desa-warga-mandikapau-tak-sulit-menjangkau-kebunnya-ini-yang-dirasakan?page=2.
Penulis: Idda Royani
Editor: Royan Naimi

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar